Jumat, 12 April 2013

Posted by Unknown
No comments | 11.39.00

Akun @IstanaRakyat Di-Bully Tweep.

TEMPO.CO, Jakarta - Istana Negara punya akun Twitter dengan nama @IstanaRakyat. Dirancang pada 8 April 2013, akun ini memiliki tim khusus untuk mengurusnya. Anggota dalam tim bertugas memberikan informasi mengenai Istana Negara dan kegiatannya. (Lihat juga: @Istanarakyat, Akun Twitter Resmi Istana) dan Kicauan @istanarakyat Resmi dari Istana)

Memasuki hari ketiga keberadaan @IstanaRakyat di twitterland, masih banyak tweep yang menyapa. Seperti menyampaikan ucapan selamat datang atau menyalurkan curahan hati mereka. Seperti akun @PapaAudrey yang menulis, "Rakyat@gkiyasmin tiap minggu di depan istana, dicuekin aja tuhh." Kicauan @PapaAudrey ini menanggapi cuit @IstanaRakyat, "Buka pintu Istana setiap akhir pekan @AgusYudhoyono." 

Bagi tweep lain, @IstanaRakyat menjadi obyek baru untuk di-bully, istilah populer di Twitter yang membuat lelucon, ledekan, dan lain-lain. Misalnya @DinarValupi, "Saingan mamah dedeh RT @GhurabaaNews: Mau Curhat ke SBY?, Folow Twitter@IstanaRakyat." 

Ada juga Lala Nurlatipah, @Lala_nurlatipah, yang mengomentari kicauan @IstanaRakyatwaktu memamerkan menu makan siang Presiden. "Penting ya? yang kayak gini ga usah di-tweet kalee. RT: @IstanaRakyat: Menu makan Presiden siang ini: ayam, lalapan+ sambal tempe & telur dadar," tulis @Lala_nurlatipah

Di kicauan lain, aktivis Twitter, @ndorokakung mengomentari cuit @IstanaRakyat yang mengunggah foto olahraga Presiden SBY dan Ani Yudhoyono. Kata @ndorokakung, "Itu kok ekspresinya spt sedang marahan gitu ya?" Sedangkan @zenrs bertanya, "Karena Bapak Presiden senang menggunakan gestur tangan saat konpres, apa mimin@istanarakyat tahu emotikon ngangkat/nurunin tangan?" 

Hingga Kamis, 11 April 2013, pukul 17.00, @IstanaRakyat telah berkicau sebanyak 91 kali. Cuitan ini diikuti 30.625 akun. @IstanaRakyat sendiri baru mem- follow 28 akun, salah satunya @boediono, akun resmi milik Wakil Presiden Boediono. Twitter telah memasukkan@IstanaRakyat sebagai akun terverifikasi. 

Selain akun ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuat akun Twitter pribadinya sendiri. Akun-akun ini dibuat sebagai tanggapan akan pentingnya peran media sosial dalam relasi dan memberi pengaruh kepada masyarakat.

Sumber artikel : http://www.tempo.co/



Aktif di Twitter, Ini Pesan Anggota DPR untuk SBY.

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR Ramadhan Pohan punya saran untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jika nanti mulai aktif di ranah media sosial Twitter. SBY beberapa waktu lalu mengatakan akan membuka akun pribadinya di Twitter.

Menurut Ramadhan, rencana SBY itu dinilainya baik sebagai uji publik jika pemerintah ingin mengeluarkan sebuah kebijakan tertentu. “Kalau ada kebijakan tertentu bisa jadi testing the water. Ini bagus,” kata politikus Partai Demokrat itu di gedung parlemen, Kamis, 11 April 2013.

Namun, Ramadhan yang sudah lebih dulu aktif di Twitter punya nasihat untuk SBY. Menurut Ramadhan, di Twitter setiap orang punya kedudukan yang sama tanpa peduli apa pun jabatannya. Nah, ketika memiliki akun pribadi, SBY bakal menghadapi kritik secara langsung dari publik. Sebab, masyarakat punya ruang lebih luas untuk menyampaikan aspirasinya.

Adapun masyarakat yang nantinya akan merespons akun Twitter SBY diharapkan agar bisa menyampaikan kritik dalam tataran yang beretika. “Ada cara baik untuk berdiskusi,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo meminta Presiden SBY untuk memperjelas status akunnya nanti. Apakah sebagai ketua umum partai atau dalam kapasitasnya sebagai presiden. Menurut Tjahjo, membuat akun Twitter adalah hak pribadi dan bersifat individual. "Jangan sampai niat orang baik, membangun komunikasi, tapi menimbulkan masalah," ujarnya.

Sumber artikel : http://www.tempo.co/

  • Blusukan memang ampuh sebagai senjata untuk menarik simpati rakyat dan mengukur seberapa besar daya serap masyarakat terhadap program Pemerintah. Blusukan itu sendiri tidak musti keluar masuk gang sempit dan kumuh tetapi dapat juga dilakukan via jejaring sosial seperti Twitter yang sudah dikenal masyarakat kelas atas sampai bawah.
  • Lalu selanjutnya, apakah @Istanarakyat akan menjadi semacam team khusus yang speperti biasa kita saksikan kalo ada apa apa langsung bentuk team?
  • Wait n see...!
  • MJP


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak mengandung sara dan konflik etnis